Rabu, 08 Desember 2010

Home » » Tips, Manual & 'How-to' Artikel (GRATIS) dari Anne Ahira untuk Indonesia... MENU TOPIK Artikel Umum Nonmedis Minuman Herbal: Obat Alternatif yang Berkhasiat

Tips, Manual & 'How-to' Artikel (GRATIS) dari Anne Ahira untuk Indonesia... MENU TOPIK Artikel Umum Nonmedis Minuman Herbal: Obat Alternatif yang Berkhasiat

Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, kecuali tua dan mati. Kini, banyak orang melakukan pengobatan alternatif di samping pengobatan medis. Pilihan tersebut tentu memiliki alasan. Pengobatan alternatif diklaim lebih murah biayanya daripada melakukan pengobatan medis.
Oleh karena itu, bermunculanlah berbagai jenis klinik atau tempat pengobatan alternatif yang metode pengobatannya menggunakan cara tradisional.
Di antara metode pengobatan alternatif adalah menggunakan ramuan herbal. Kini, ramuan herbal banyak diminati karena efek samping yang ditimbulkannya lebih kecil dibandingkan memakai obat-obatan kimia. Ramuan herbal tersebut penggunaannya beragam.
Ada yang dapat dikonsumsi langsung ada juga yang digunakan sebagai obat luar. Salah satu ramuan tradisional yang dapat dikonsumsi langsung dibuat/ diracik menjadi minuman. Minuman ini sering disebut minuman herbal.
Minuman herbal terbuat dari satu atau campuran beberapa bahan herbal tradisional. Jamu gendong termasuk salah satu jenis minuman herbal. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu gendong berasal dari tanaman herbal tradisional, seperti jahe, kunyit, kencur, dan lain-lain.
Di Indonesia, tanaman herbal yang diketahui jumlahnya mencapai hampir 30.000 jenis yang bisa dijadikan obat. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.
Asam Jawa
Rasa buah ini sesuai dengan namanya, asam atau kecut. Asam jawa (Tamaricus indica) dapat tumbuh di daerah tropis. Menurut sejarah, pohon asam berasal dari daratan Afrika.
Buah asam ini, selain digunakan sebagai bumbu masakan juga digunakan sebagai obat. Khasiat buah asam dapat mengobati sariawan, panas dalam, dan gangguan tenggorokan. Asam jawa juga dipakai sebagai bahan pelengkap minuman herbal.
Jahe
Tanaman jahe sudah dikenal masyarakat Indonesia. Jahe, memiliki banyak kegunaan. Khasiat tanaman ini tidak diragukan lagi. Jahe dapat digunakan sebagai bumbu dapur dan obat. Manfaat jahe, di antaranya dapat mengobati masuk angin, perut mual, batuk, pegal-pegal, dan dapat menghangatkan badan.
Kunyit
Tanaman kunyit masih saudara dengan jahe. Kunyit memiliki warna kuning. Selain menjadi bumbu masak, kunyit juga digunakan sebagai bahan pengobatan. Kandungan minyak asirinya mampu mengatasi radang, demam, dan sebagai antioksidan.
Temulawak
Seperti halnya jahe dan kunyit, temulawak juga memiliki khasiat sebagai obat. Temulawak digunakan untuk mengobati gangguan lever, melancarkan pencernaan, mengobati radang lambung, dan gangguan ginjal. Temulawak juga ampuh menurunkan kadar kolesterol, melancarkan peredaran, rematik, dan mengobati sakit pinggang.
Kencur
Tanaman ini masih satu rumpun dengan jahe, kunyit, dan temulawak. Kencur dapat mengobati batuk, radang lambung, sakit kepala, melancarkan haid, dan mengatasi diare.
Semua jenis herbal tersebut dapat dibuat minuman herbal. Selain jenis herbal tersebut, banyak jenis minuman herbal lain yang banyak khasiatnya. Di antara minuman herbal itu adalah teh rosella, habatusauda, dan jahe merah.
Bahkan, kini minuman herbal sudah dimodifikasi dengan jenis bahan lain, seperti kopi jahe, kopi habat, kopi ginseng, dan lain-lain.

www.AnneAhira.com

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar