Sabtu, 25 Desember 2010

Home » » Tips Memulai Bisnis Internet

Tips Memulai Bisnis Internet

Internet sekarang ini bukan hanya sebagai tempat mencari hiburan, teman, dan informasi saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai lahan bisnis, kegiatan ini sering mungkin sering Anda kenal dengan nama bisnis online, bisnis internet atau internet marketing. Dengan bisnis internet ini tentu tujuan Anda adalah untuk mencari sedikit keuntungan dari berbagai aktifitas di Internet.
Di Indonesia sendiri lahan bisnis internet ini juga tumbuh subur, seperti lahan bisnis sektor genuine pada umumnya. Pelaku bisnis internet ini juga sangat beragam, seperti ibu rumah tangga, para pegawai kantoran, mahasiswa, bahkan siswa/i  sekolah sekalipun sejauh yang saya tahu juga banyak yang menekuni bidang ini.
Dalam menekuni bisnis internet memang mengasikkan karena Anda dapat berbisnis sekaligus melakukan hal-hal yang Anda sukai di internet.  Seperti apa yang saya lakukan saat ini, saya sangat suka sekali dengan dunia blogging, dan saya juga menjadikan kegitan blog ini menjadi lahan bisnis baru saya.
Anda bisa memanfaatkan internet sebagai sarana selling atau pemasaran produk yang Anda jual. Dengan begitu, Anda juga dapat belajar bisnis dengan cara yang menyenangkan. Hal yang lebih saya sukai adalah saya tidak perlu keluar rumah atau pergi ke toko untuk  menjalankan bisnis saya ini, saya hanya duduk dirumah dan berada didepan komputer dan saya sudah melakukan semuanya itu. Dengan bisnis internet ini juga Anda dapat ngasah bakat dalam berbisnis apalagi Anda adalah seorang pemula seperti saya.
Tidak ada yang berbeda antara bisnis internet dan juga bisnis genuine lainnya. Dalam menjalankan bisnis tentu saja Anda dan juga saya mesti dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis. Bagi kalangan mahasiswa atau siswa sekolah , anggap saja bisnis internet ini sebagai media praktik dalam belajar memulai bisnis, nikmati bisnis itu, dan sebaiknya selalu kreatif dalam menjalankan bisnis apapun itu.
Namanya juga berada di dunia internet dimana berjuta-juta orang terhubung tanpa saling bertatap muka, maka sebagian besar proses transaksi juga tidak dilakukan secara langsung. Nah, keadaan seperti ini dibutuhkan pengetahuan yang cukup terhadap berbagai hal khususnya transaksi-transaksi di internet. Anda dapat membaca artikel saya tentang account paypal untuk bisnis internet dan juga cara memverifikasi paypal dengan vcc, Anda dapat belajar lebih item disana.
Memanfaatkan Jejaring Sosial Sebagai lahan Bisnis Internet
Siapa yang saat ini tidak kenal dengan jejaring sosial terbesar yaitu Facebook. Facebook sendiri awalnya diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada awalnya keanggotaan Facebook  hanya terbatas pada mahasiswa dari Harvard College , namaun sekarang facebook sudah dapat dinikmati oleh seluruh orang di dunia, dan tidak terkecuali di Indonesia. Anda ingin tahu lebih jauh tentang sejarah Facebook, Anda dapat menonton movie The Social Network yang telah di luncurkan Oktober 2010 yang lalu.
Kembali ngomongin soal bisnis internet, facebook juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi atau penawaran terhadap barang-baran produksi Anda. Anda dapat meng-upload foto barang-barang dagangan Anda kemudia men-tag foto-foto tersebut kepada teman-teman Anda yang mungkin berminat. Bahkan apabila teman Anda yang berminat mereka dapat menghubungi Anda dengan fasilitas yang ada pada Facebook seperti Send Message atau Online Chatting.
5651 120239812248 803792248 2115614 1099773 n Tips Memulai Bisnis Internet
Pendapat saya pribadi tentang facebook adalah sebuah lahan atau media berbisnis yang sangat bagus, karena seluruh fasilitas yang ada dapat di manfaatkan sebagai sarana penunjang bisnis internet yang dilakukan. Sekali lagi Anda tidak perlu lapak atau membuka toko untuk dapat berjualan produk-produk Anda, dan Anda juga tidak perlu keluar rumah untuk menjajalan produk Anda tersebut. Inilah saya kalau boleh saya sebut sebagai media certas dalam belajar memulai bisnis.
Satu contoh kisah sukses bisnis internet (pemula) dari seorang teman. Dia menjual pin, jaket, dan kaus lewat situs pertemanan. Berawal dari mulut ke mulut, dari menawarkan ke temen-temen dekat, sampai akhirnya ia mengembangkan bisnisnya melalui Facebook dan ternyata respons dari facebookers lebih banyak ketimbang dari mulut ke mulut.
Karena usahanya cukup berkembang akhirnya, ia dibantu dua orang temannya menjual barang-barang itu. Dia yang membuat desain barangnya, temennya mengatur keuangan, dan temen satunya lagi nyari tempat yang bisa diajak kerja sama buat bikin proyeknya. Tapi mereka juga saling bantu kalo ada yang kesusahan ngurusin bagiannya.
Mereka menawarkan produk ke temen-temen di jejaring dunia maya, seperti Facebook, Multiply, Livejournal, ato forum-forum diskusi di internet yang bertebaran. Pertamanya, jika sebuah proyek akan ditawarkan, sudah woro-woro di internet: “Mau pesan enggak?” ato “Eh, kita mau bikin ini nih”.
Kalo mau pesen, Dia akan menarik uang di muka dulu. Habis itu, kalo udah jadi barangnya, baru mereka kirim dan yang memesan ngirim lagi uang kekurangannya. Sederhana saja bukan?
Satu hal yang perlu di ingat bagi  para pembeli sebaiknya harus selalu hati-hati dan teliti sebelum membeli. Di Internet sendiri  sudah sangat sering terjadi penipuan. Misalnya barang tidak dikirim atau hasilnya tidak seperti yang dijanjikan. Oleh karena itu sebaiknya para calon pembeli dapat memilih penjual mana yang dapat dipercaya dan berkualitas. Dan bagi para pelaku bisnis internet kepercayaan pembeli adalah hal nomor satu, karena jika Anda gagal dalam menjaga kepercayaan pembeli maka Anda juga akan gagal dalam mencari calon pembeli selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar